Catatan Paruh Waktu | Alie Poedjakusuma

Masih senang bermain?

with 2 comments

Sewaktu kecil, saya tidak bermain sunda-manda (engklek). Sesekali bermain layangan, gobag sodor (yang konon di eropa sana bernama go-back-to-door), atau damdam-an.

Meski waktu bermain lebih banyak curi-curi karena seringkali harus tidur siang, kadang saya melompat keluar menyelinap dari jendela. Semua demi bermain bersama teman-teman.

Permainan-permainan tradisional yang dulu saya kenal, kini mungkin makin terlupakan; berganti playstation dan bermacam permainan digital lain.

Komunitas Anak Bawang, yang hampir selalu menggelar lapak tak jauh dari Loji Gandrung saat berlangsung hari bebas kendaraan bermotor (caf free day) di Jl Slamet Riyadi, kota Solo mungkin bisa menjadi oase bagi permainan tradisional.

Biarlah anak-anak kecil yang lalu-lalang di jalanan setiap minggu pagi melihat, penasaran, mencoba, dan bisa mengenangnya kelak dalam memori masa kecilnya. Sedikit banyak, seperti saya juga miliki. “Aku bermain, maka aku senang,” seru penggiat Komunitas Anak Bawang. @aliepodja

Written by Alie Poedjakusuma

August 14, 2013 at 9:12 am

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. ingat Solo kangen solo, rindu sewaktu kecil dulu dengan permainan – permainan tradisional.a.
    salam kenal

    nanang sulistiawan

    September 29, 2013 at 6:47 am

    • selalu ada ‘pulang’ untuk mengenang masa kecil mas. sila mampir dan bermain bersama anak bawang.

      Alie Poedjakusuma

      June 26, 2014 at 5:32 pm


Leave a Reply

