Catatan Paruh Waktu | Alie Poedjakusuma

Gundih +54

with 2 comments

Saya ingat pernah turun dari kereta api Banyubiru tujuan Semarang-Sragen di stasiun Gundih beberapa tahun silam dengan @dyanhoed, yang kini isteri saya tercinta. Sudah lama sekali.

Beberapa waktu yang lalu saya berkunjung hendak mencari tahu, sekiranya bisa membeli tiket kereta api kelas ekonomi ke Jakarta, mungkin KA Brantas atau Matarmaja, karena hanya dua buah kereta api tersebut yang kini singgah di stasiun ini.

KA Banyubiru, sudah tidak lagi dioperasikan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) karena terus menerus merugi.

Terletak di daerah Sobo, Geyer, Grobogan, stasiun ini cukup dekat dengan Kedungombo. Posisinya yang berada diantara jalur utara dan selatan kereta api amat strategis. Beberapa peralatan perbaikan kereta api nampak disimpan disini. Nampaknya untuk situasi darurat.

Bangunannya sudah compang-camping; loket penjualan tiketnya terkunci. Hanya sisi barat stasiun yang nampak masih terawat, tempat rel yang biasa dilewati dua kereta langganannya setiap hari.

Lain waktu, saya berkeliling sembari menunggu kereta datang; tidak tepat waktu. Cuaca yang dingin membuat saya ingin buang air kecil. Yang terpaksa ditunda hingga saya ada di kereta. Kamar kecil di stasiun Gundih terkunci. Hufft @aliepodja

NB: Saya akan kembali lagi ke sana untuk mendapatkan foto beberapa sudut yang belum sempat saya potret. Soon.

Written by Alie Poedjakusuma

February 5, 2013 at 2:57 pm

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Ak dijak nek maring ngonoh lah,,,,,😛

    Didiet Aditya

    February 5, 2013 at 9:31 pm


Leave a Reply

