Catatan Paruh Waktu | Alie Poedjakusuma

Siap untuk momen

leave a comment »

Nasi goreng yang saya beli belum sempat nikmati  ketika asap mulai terlihat dari belakang gedung di kompleks kantor Kemenkumham.Saya kembali ke kamar dan mengambil tas kamera. Lensa 70-300mm tidak lupa saya bawa karena gedung cukup tinggi.

Seorang pekerja renovasi gedung Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM turun dari rooftop dibantu petugas pemadam kebakaran, Minggu (6/12). Demotix / Alie Poedjakusuma

Demotix | Fire brigade saved eight workers at goverment building

Dua truk pemadam kebakaran sudah ada di halaman belakang gedung saat saya melompati pagar pembatas kompleks gedung. Asap mulai mengepul; petugas lalu lalang dan masuk ke basement gedung. Belakangan, dari informasi yang saya dapatkan dari petugas keamanan gedung: kebakaran justru berasal dari basement.

Pekerja renovasi bangunan yang sudah diselamatkan dibantu petugas Palang Merah Indonesia. Demotix/ Alie Poedjakusuma

Puluhan truk pemadam kebakaran pun berdatangan menyusul; salah satunya dengan lift untuk mencapai rooftop gedung. Para pekerja terjebak asap, dan berkumpul di atas gedung. Dua pekerja nekat turun dengan seutas tali ke lantai tujuh gedung, dimana petugas pemadam kebakaran sudah menunggu.

Lainnya yang tidak berani turun dengan tali, dibantu dengan tangga tambahan. Begitu turun pekerja langsung dibantu petugas Palang Merah Indonesia; mereka mengeluhkan sesak nafas dan mata yang perih karena asap yang pekat.

Tidak ada korban jiwa; tapi arsip-arsip penting dikabarkan terbakar. Menkumham Amir Syamsudin dan wakilnya Denny Indrayana langsung berkunjung melihat sisa kebakaran. Momen juga akan terlewat jika kita tidak siap. @aliepodja

Written by Alie Poedjakusuma

January 7, 2013 at 8:52 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: