Catatan Paruh Waktu | Alie Poedjakusuma

Kamera saku dan ponsel bukan pecundang

leave a comment »

Seringkali pengguna kamera saku (digital pocket camera) dan kamera telepon seluler (handphone/smartphone) minder jika harus memotret bersama para pengguna kamera digital SLR. Padahal kemampuan kamera saku dan ponsel saat ini tidak lagi inferior terhadap DSLR.

Minggu (2/9) saya dan istri tercinta @dyanhoed menyambut pagi menikmati hari bebas kendaraan bermotor (car free day/ CFD) di kawasan Jl Sudirman dan Jl MH Thamrin, Jakarta. Berbekal kamera saku dan ponsel, kami mencoba memotret aktifitas pagi itu.

Saya sengaja meninggalkan DSLR, karena ingin lebih nyaman berjalan-jalan dan menikmati pagi; sekaligus membuktikan pada istri kalo kamera saku dan ponsel pun cukup.

Shutter lag

Salah satu kelemahan penggunaan kamera saku dan ponsel adalah shutter lag; jeda saat kita menekan (atau menyentuh, karena pada ponsel marak penggunaan layar sentuh) dengan waktu kamera merekam obyek sebagai imaji cukup mengganggu.

Pada saat memotret obyek bergerak misalnya, karena shutter lag itu maka foto yang dihasilkan menjadi kabur (blur). Kelemahan ini dapat disiasati dengan menekan rana sebelum obyek memasuki layar kamera. Hal ini tidak perlu dilakukan pada kamera saku yang telah dilengkapi mode pengaturan manual tentunya; karena kita dapat mengatur settingan kamera.

Makin canggihnya ponsel pintar (smartphone) pun mendukung fotografi digital kamera ponsel. Anda tentu tidak asing dengan aplikasi Instagram, bukan?

Dahulu saya memasuki dunia fotografi digital pertama kali dengan kamera saku pinjaman yang hanya beresolusi 1.8 MP (saya lupa merek dan tipenya); tapi saat itu sudah benar-benar wah! Beberapa foto hasil kamera saku pun sanggup menyingkirkan foto hasil DSLR di beberapa kompetisi.

Kamera memang hanya alat; namun jika penggunanya tidak mampu mengoptimalkannya maka hanya akan menjadi senjata yang tumpul. Dan ‘man behind the gun’ pun sebaiknya didukung senjata yang memadai. @aliepodja

Written by Alie Poedjakusuma

September 4, 2012 at 10:29 am

Posted in Photography

Tagged with , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: