Catatan Paruh Waktu | Alie Poedjakusuma

CFD di kota Jokowi

leave a comment »

Terbiasa dengan hari bebas kendaraan bermotor alias car free day di Jakarta; Saya mencoba menilik kegiatan serupa di Solo, Jawa Tengah. Bersama isteri, saya berangkat pukul 6.00 WIB dari hotel. Setelah memarkir sepeda motor di sebelah pusat perbelanjaan terkemuka, kami pun mulai menyusuri Jl Slamet Riyadi.

Pondok origami menggelar workshop melipat kertas Jepang pada CFD di Jl Slamet Riyadi, Solo.

Demotix | Learning to make Origami during car free day

Banyak hal, serupa dengan CFD di Jakarta saya temukan. Kerumunan orang, pejalan kaki, pesepeda, penjual makanan, hingga hewan peliharaan yang berjalan-jalan dengan pemiliknya. Panjang jalan tempat CFD berlangsung juga hampir sama. Di Solo, CFD digelar dari bundaran Gladag sampai Purwosari; ujung ke ujung.

Kehadiran kami bertepatan dengan perayaan penerimaan penghargaan Wahana Tata Nugraha, penghargaan dalam bidang pengelolaan transportasi, yang sudah kali kelima ini diterima Solo! Marvelous. CFD juga dijadikan ajang mengekspresikan pendapat. Republik Aeng-aeng memajang ‘pohon untuk Lady Gaga’ sebagai bentuk protes atas batalnya konser Ibu Monster itu beberapa waktu lalu. Lain dengan Pondok Origami yang menggelar karpet di tepi jalan dan membuka workshop bagi masyarakat umum.

Republik Aeng-aeng memajang pohon untuk Lady Gaga sebagai bentuk protes penolakan konsernya beberapa waktu lalu.

Demotix | Tree for Lady Gaga

Kota ber-tagline ‘Spirit of Java’ ini memang menarik; dan tentu saja beberapa kali menjadi sorotan, terutama karena sang pemimpin, walikotanya Joko Widodo alias Jokowi yang makin dikenal publik. Sosoknya diidamkan menjadi pemimpin bangsa menuju era yang lebih baik.

Warga menandatangani spanduk saat CFD.

Demotix | Wahana Tata Nugraha award for transportation on display

Pertama kali bertandang ke CFD Solo tidak membuat saya kapok. Saya ingin menyusuri sepanjang kegiatan ini; dua tahun usia CFD Solo tentu masih teramat muda. Masih banyak yang bisa digali, dan dinikmati. Bersama yang tercinta tentu saja. @aliepodja

Written by Alie Poedjakusuma

June 6, 2012 at 2:42 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: