Catatan Paruh Waktu | Alie Poedjakusuma

Macet dan berebut

leave a comment »

Saya lihat Ogoh-ogoh masih belum bergerak. Lega. Menjelang libur Nyepi di akhir pekan membuat semua orang ‘berlibur’. Dan jalanan selepas ashar, masa work hours usai, padat. Untung saya bisa mencapai Silang Monas tepat sebelum acara dimulai.

Foke naik memberikan pidato. Saya mengganti lensa tele, mengambil beberapa frame sebelum ia mulai berbicara tentang rencananya maju kembali sebagai ‘gubernur yang gagal’ (versi saya). Buktinya saya masih terjebak kepadatan jalanan yang tidak perlu, bukan? Foke tidak ahli!

Ogoh-ogoh diusung pemuda Hindu dalam Pawai Ogoh-ogoh di Silang Monas, Jakarta.

Demotix | Ogoh-ogoh parade begins in Jakarta

Dan saya tergopoh-gopoh saat ogoh-ogoh pertama akan diarak. Foke tiba-tiba sudah siap dengan bendera start. Damn! Saya bahkan belum mengganti lensa tele yang tadi dipakai memotretnya. Untung kantong lensa memberi keuntungan.Dalam sekejap, lensa bisa ditukar. Senjata siap; tapi posisi terbaik sudah dipenuhi fotografer.

Dan sejurus kemudian semuanya tumpah ruah di tengah; berkerumun di sekitar ogoh-ogoh. Membuat puluhan Satpol PP yang membuat pagar betis tidak berlaku. Percuma.

Di saat seperti itu, konsentrasi untuk mendapatkan foto yang berbeda menjadi perlu. Dari satu sudut, hampir sepuluh fotografer ada disana. Bukan tidak mungkin semua mengambil angle dan momen yang serupa, meski tidak akan sama.

Saya pun mulai mencari posisi lowong yang menawarkan sudut lain; termasuk low angle. Hasilnya saya tidak bosan dan harus berebutan. Setidaknya tidak seperti jalanan ibukota yang diperebutkan setiap incinya oleh kendaraan, terutama beroda empat.

Dan ternyata Ondel-ondel masih bersaudara dengan Ogoh-ogoh, setidaknya demikian menurut saya. Maskot ibukota selalu hadir saat perayaan apapun di Jakarta; juga kali ini. Dalam ukuran jumbo! @aliepodja

 

 

Written by Alie Poedjakusuma

March 23, 2012 at 12:25 am

Leave a Reply

