Catatan Paruh Waktu | Alie Poedjakusuma

Cerita foto travel

leave a comment »

Saya baru mengetahui ada pameran ‘1000 Pulau 1000 Cerita’ jumat (2/12) malam setelah datang ke GFJA @galeriantara di Pasar Baru menghadiri pembukaan pameran foto bertajuk Kuartet Pembunuhan Politik. Kebetulan, pameran foto ‘1000 Pulau 1000 Cerita’ juga dilengkapi diskusi mengenai penulisan perjalanan dan foto perjalanan.
Lepas dzuhur, minggu (4/12) siang pun saya kembali lagi ke GFJA. Beberapa rekan #ForumNGI juga turut serta. Diskusi menghadirkan Reynold Sumayku @rsumayku, editor foto @NGIndonesia dan @NGTravelerID. Saya tidak terlalu tertarik membahas tentang penulisan perjalanan, so saya hanya mencatat beberapa poin penting yang dipaparkan bang Rey, berikut :
  1. foto perjalanan dahulu hanyalah digunakan sebagai bukti suatu perjalanan. kini, fungsinya telah bergeser menjadi bagian perjalanan yang menarik.
  2. bila melakukan perjalanan, usahakan mengambil foto perjalanan yang menggambarkan suasana tempat yang kita kunjungi. interaksi manusia dan tradisi setempat pun menarik untuk dibingkai dalam foto perjalanan.
  3. bila perjalanan yang anda lakukan adalah untuk berlibur, jangan paksakan diri membawa peralatan fotografi yang berat. penggunaan kamera saku, atau peralatan seadanya (satu bodi dan satu lensa pada kamera DSLR) pun sudah cukup.
  4. meskipun anda fotografer, usahakan berpakaian wajar (tidak mencolok atau menarik perhatian).
  5. bersikaplah ramah terhadap subyek foto, buka percakapan mengenai keseharian atau kegiatan yang tengah dilakukannya saat kita temui. jangan jadikan sebagai obyek foto serupa benda mati.
  6. bersabarlah. kadang kita perlu mengulangi foto travel agar mendapatkan hasil maksimal (untuk kepentingan publikasi atau koleksi tertentu). misalnya untuk foto matahari terbit yang gagal karena mendung.
 Saya sendiri lebih suka mengeksplorasi sudut-sudut tujuan perjalanan. Mencoba titik-titik pemotretan baru bukan hal yang tabu, jadi kita tidak hanya punya foto yang itu-itu saja. @aliepodja

Written by Alie Poedjakusuma

December 5, 2011 at 6:12 pm

Posted in Photography

Tagged with , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: