Catatan Paruh Waktu | Alie Poedjakusuma

Moda dan Penglaju

leave a comment »

Para penglaju di Jakarta memiliki rasa ketidakpuasan terkait dengan kemacetan lalu lintas dan terlalu padatnya transportasi publik mencapai 30,5 poin. Demikian hasil survei yang digelar oleh Frost & Sullivan, perusahaan yang bergelut di bidang industri informasi dan jasa konsultasi yang dipublikasikan 17 Juni 2011.

Survei tersebut dilaksanakan pada September 2010 hingga Februari 2011 dan melibatkan 14.771 responden dari 23 kota besar dunia, termasuk Seoul, Korea Selatan, dan Rio de Janeiro, Brasil yang juga memiliki tingkat ketidakpuasan yang tinggi, masing-masing dengan 35,5 dan 45,5 poin.
Survei yang dinamai Journey Experience Index Frost & Sullivan ini diukur berdasarkan tingkat kecepatan, biaya perjalanan, tingkat kenyamanan, dan pengalaman secara keseluruhan.


Setiap harinya, Indonesia Property Watch mencatat jumlah penglaju sekitar 2 juta orang. Sepuluh persen dari angka tersebut mempergunakan tarnsportasi umum, baik kereta, maupun bus.
Transjakarta, angkutan massal yg digadang-gadang akan mengurangi kemacetan dan jumlah penglaju pun hanya mampu mengangkut 240 hingga 260 ribu orang per hari. Jumlah yang masih sangat rendah dan masyarakat pun seolah enggan berkendara umum.

Sepeda motor dan mobil pribadi kembali menjadi primadona. Dan tentunya kemacetan tidak terhindarkan. Pembatasan penggunaan kendaraan pribadi, utamanya mobil dan rencana pembangunan monorel pun tidak kunjung terlaksana. Lalu, sampai kapan macet akan menghiasi wajah ibukota? Entahlah. @aliepodja

NB: Diikutsertakan pada FK Award 2011. Lihat di sini.

Written by Alie Poedjakusuma

November 1, 2011 at 8:58 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: