Agama sepakbola

Jika ada agama lain yang akan diakui pemerintah, mungkin sepakbola bisa dipertimbangkan. Ya, menilik tradisi olahraga kaki ini sudah begitu melekat pada setiap lapisan masyarakat. Bonek, Bobotoh, hingga Pasoepati dapat menjadi contoh.

RIP Diego
A mural shows fans support for Diego Mendieta, a Persis Solo player from Paraguay. Diego died on December 4th, 2012. Persis will join the Championship Division of the Indonesian Premier League next season. Image by © Alie Poedjakusuma/Demotix/Corbis

Demotix | Local football fans show support with artistic murals

Di sudut-sudut kota Solo, lukisan dinding Pasoepati — yang kini mendukung Persis Solo — mudah ditemukan. Musim depan, Persis akan bermain di Divisi Utama Liga Primer Indonesia yang kini dinaungi PSSI.

Ketika berdiri, tahun 2000, mereka mendukung Pelita Jaya — yang memilih berkandang di Solo — hingga kini berkomitmen mendukung klub lokal Persis Solo.

Kecintaan pendukung pada klub makin lekat; tak jarang harus ada nyawa hilang. Puluhan Bonek, dan pendukung lain dapat menjadi contoh. Mungkin agama sepakbola secara tidak langsung kita anut? @aliepodja

 

Leave a comment