Catatan Paruh Waktu | Alie Poedjakusuma

Parsel lebaran

leave a comment »

Hari kemenangan; demikian sebagian besar umat muslim mengartikan hari raya idul fitri. Meski pemerintah belum menetapkan 1 Syawal 1433 H, namun masyarakat telah mempersiapkan diri menyambut hari raya.

Calon pembeli bingkisan lebaran memilih bingkisan yang dipajang para penjual di area stasiun Cikini, Jakarta Sabtu (11/8) siang. Menurut pedagang, jumlah penjualan bingkisan lebaran tahun ini lebih sedikit dibandingkan tahun lalu.

Demotix | Eid gift sales increase in the last week of Ramadan in Jakarta

Salah satu yang tidak dilewatkan adalah saling berkirim bingkisan lebaran. Lain hal dengan kartu lebaran yang telah lama ditinggalkan karena kehadiran surat elektronik (e-mail), layanan pesan singkat (SMS), hingga Blackberry Messenger (BBM), parsel lebaran masih cukup diminati.

Penjual bingkisan lebaran antara lain bisa ditemukan di kawasan stasiun Cikini, Jakarta Pusat. Pedagang musiman parsel mulai menjual dagangannya pada hari ketiga bulan Ramadan. Mereka, baru akan berhenti berjualan pada H-2 menjelang hari raya idul fitri.

Wati, salah satu pedagang yang saya temui mengatakan, “saya jual paling murah Rp 125 ribu; yang paling mahal dijual Rp 1,8 juta.” Ia telah berjualan parsel di kompleks stasiun Cikini selama 15 tahun. Dari hasil penjualan tersebut, ia telah mampu menyekolahkan anak-anaknya hingga ke perguruan tinggi. “Tahun ini penjualannya tidak terlalu bagus, tapi saya masih punya pelanggan tetap,” tambahnya.

Pemberian bingkisan lebaran menjadi salah satu tradisi yang masih bertahan di tengah perkembangan zaman yang serba digital. Maknanya tentu agar ketika hari raya idul fitri tiba kita berbagi kebahagian dengan sesama; menyambut hari kemenangan. @aliepodja

About these ads

Written by Alie Poedjakusuma

August 13, 2012 at 2:24 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: